Mengantar Ibunda Roosniah ke Pusara

8789752073_426575e77b_oSelasa sore, 20 Maret 2012, adalah hari yang penuh duka bagi saya dan keluarga besar. Hari itu, sekitar pukul 15.40 WIB, orang tua kami, ibunda tercinta Roosniah Bakrie, berpulang ke rahmatullah, di Rumah Sakit Siloam Glenagles, Karawaci, di depan kami, anak-anak dan cucu-cucunya. Hari itu kami merasa kehilangan sekali seorang ibunda dan andung tercinta.

Banyak orang datang menyampaikan penghormatan terakhir kepada almarhumah. Dari Senin sore semenjak jenazah tiba, sampai Rabu siang saat jenazah dikebumikan, rumah duka di Jl Terusan Hang Lekir IV, No 32 Simprug, Jakarta Selatan menerima kehadiran para pelayat. Mereka mulai dari para pemimpin negara seperti Presiden SBY, Wapres Boediono, para menteri dan tokoh rakyat lainnya, sampai warga masyarakat. Semua berbaur.

Untuk itu, atas nama keluarga besar, saya menghaturkan terima kasih yang sedalam-dalamnya.

Ibu saya meninggal dunia di usia 85 tahun. Beliau lahir pada 17 Juni 1926 di Pangkalan Berandan, Sumatra Utara. Ibu lahir dari pasangan H. Achmad Nasution dan H. Halimatusa’diah. Pada 17 November 1945, Beliau menikah dengan pemuda asal Lampung, yaitu Achmad Bakrie. Dari pernikahan itulah lahir saya, Odi (Roosmania), Nirwan, dan Indra.

8789843687_09fbea1c9e_o

Setelah Odi, sebenarnya saya juga memiliki adik laki-laki, namanya August Alamsyah. Namun, dia meninggal saat baru lahir. Banyak yang bilang wajahnya mirip dengan Nirwan. Sekarang makam dan nisannya jadi satu dengan ayah saya.

Di keluarga, ayah dan ibu saya memberikan pendidikan dan keteladanan yang tak ternilai. Ini kemudian yang membuat kami anak-anaknya, juga cucu-cucunya menjadi sangat cinta dan hormat pada Beliau. Bahkan, ayah saya sering mengatakan dia tak salah pilih istri, karena ibu saya sering membantu dan selalu mengoreksi kepincangan-kepincangannya. Juga menjadi tempat berbagi suka maupun duka.

Keduanya juga mengajarkan hidup harmonis dan saling menghormati. Mereka menghindari bertengkar di depan anak dan mengajarkan kerukunan. Ini yang kemudian berupaya kami teladani dan jadikan acuan dalam membangun keluarga.

Ibu saya mendidik dan membesarkan saya dan adik-adik saya dengan penuh cinta. Karena itu, saya pun sangat mencintai Beliau. Apa yang dikatakan Beliau selalu saya dengar dan saya laksanakan. Sering saya membatalkan agenda kegiatan saya jika Ibunda memanggil.

Bagi kami di keluarga Bakrie, apa pun yang dikatakan Ibunda, adalah titah. Contoh yang sering saya ceritakan adalah bagaimana ibu saya memerintahkan kepada kami untuk membantu warga korban Lumpur Sidoarjo. Meskipun secara hukum kami dinyatakan Mahkamah Agung tidak bersalah, ibu saya tidak peduli dan memerintahkan kami untuk tetap membantu warga. Beliau trenyuh melihat musibah itu dan nasib para korbannya.

PEMAKAMAN ROOSNIAH BAKRIEKami memegang teguh amanat itu dan sekuat tenaga berupaya melaksanakannya. Meskipun harga tanah dan bangunan di situ telah sedemikian rupa dimahalkan berkali-kali lipat, kami tetap membelinya sesuai amanat almarhumah. Sungguh mulia hati Ibunda itu.

Saat pemakaman ibu saya, beberapa perwakilan korban Lumpur Sidoarjo juga datang melayat. Mereka mengatakan juga merasa kehilangan dan berterima kasih pada almarhumah karena tetap membantu, tanpa melihat apakah hukum menyatakan benar atau salah.

Itu memang menjadi watak ibu saya. Dia selalu mengajari kami untuk selalu membantu mereka yang kesusahan atau kurang beruntung. Dia mudah trenyuh dan segera membantu jika melihat mereka yang terkena musibah atau kurang beruntung. Saat bencana Tsunami 2004 di Aceh, ibu saya juga tergerak untuk membantu membuatkan rumah untuk para korban.

Agustus tahun lalu, ibu saya juga mendirikan sebuah masjid yang dinamai Roosniah Al-Achmad di Bogor. Mesjid ini juga menjadi tempat anak-anak belajar dan warga sekitar melaksanakan berbagai kegiatan lainnya.PEMAKAMAN ROOSNIAH BAKRIE

Banyak kenangan dan kebaikan yang ditaburkan ibu saya bukan hanya pada keluarganya namun juga sesamanya.

Akhirnya hari itu, ibu saya dimakamkan di samping makam suaminya tercinta, Achmad Bakrie, yang pada 15 Februari 1988 lalu lebih dulu meninggalkan kami. Para cucu laki-laki almarhumah yang membantu menurunkan andung mereka ke liang lahat.

Semoga Allah mengampuni segala kesalahannya, dan memberikan tempat terbaik di sisinya. Semoga kami yang ditinggalkan senantiasa diberi kekuatan untuk selalu menjalankan berbagai teladan baik yang Beliau ajarkan.

Selamat jalan, Ibunda…

  1. No comments yet.

  1. No trackbacks yet.